Beberapa Cara Menyambut Kelahiran Buah Hati

Spread the love

Hadirnya buah hati dalam suatu rumah tangga pastinya merupakan suatu hal yang menjadi impian semua orang tua. Dimana dengan adanya buah hati tadi akan dapat menjadi suatu sumber kebahagiaan maka dari itu kehadiran buah tadi perlu dirayakan salah satunya dengan cara menggunakan jasa aqiqah Cilegon dan juga cara lainnya. Dimana dengan perayaan tadi tentunya sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menitipkan rezeki berupa buah hati tadi.

Penyambutan Kelahiran Bayi

Selain harus menyambutnya dengan suka cita maka para orang tua juga harus memahami jika anak adalah suatu amanah yang harus mereka jaga dan juga ada tanggung jawab dibalik itu semua yang harus mereka jalankan. Maka dari itu menjadi orang tua merupakan suatu keharusan ketika mereka menyambut sang buah hati tadi.

Bagi kalian yang beragam Islam tentu saja menyambut kelahiran anak ini tidak boleh dilakukan sembarangan dan akan lebih baik jika dilakukan sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Dimana sunnah tersebut tentunya akan membawa kebaikan untuk semua orang. Salah satunya dengan cara memberikan kabar gembira atas kelahiran anak tersebut.

  • Mengazankan Anak

Kemudian untuk hal lain yang dianjurkan yaitu agar para orang tua nantinya memperdengarkan suara adzan dan juga iqamah pada dua telinga sang anak. Hal ini tentunya saja dilakukan berdasarkan hadis dan tidak dilakukan secara sembarangan. Dimana jika dikumandangkan adzan pada bagian telinga kirinya maka sang anak tadi tidak dicelakakan oleh yang namanya Ummu Shibyan. Selain itu juga dengan memperdengarkan adzan tadi memiliki harapan jika benih keimanan dapat ditanamkan dalam hati sang anak sejak kecil.

  • Mentahnik Anak

Kemudian ketiak sang anak lahir maka orang tua terutama ayahnya mentahnik sang bayi dengan menggunakan buah kurma. Dimana tahnik ini memiliki pengertian mengunyah buah kurma tadi sampai menjadi hancur dan kemudian buah kurma yang sudah hancur tadi diletakan pada langit-langit mulut bayi. Kemudian buah yang digunakan untuk mentahnik itu adalah tamer atau yang biasa dikenal dengan kurma kering. Jika mereka tidak memiliki yang namanya tamer maka bisa menggunakan kurma basah yang tentunya baru dipanen ataupun menggunakan madu. Dimana buah kurma ini sangat bagus untuk digunakan karena memiliki kandungan glukosa yang sangat baik dan juga bagus untuk kesehatan sang bayi. Dimana kegiatan mentahnik ini berguna agar nantinya otot-otot mulut bayi menjadi kuat sehingga ketika bayi akan lebih kuat ketika menyusu dan juga ASI yang dihasilkan akan menjadi berlimbah dan juga lancar.

  • Menyiapkan Dan Memberi Nama

Kemudian hal lain yang harus dilakukan sebagai suatu bentuk rasa syukur dan juga tanggung jawab yaitu menyiapkan dan juga memberikan nama yang baik untuk mereka. Dimana orang tua sebaiknya memberikan nama yang baik karena nama tersebut akan menjadi suatu doa dan juga identitas untuk anak tersebut hingga mereka menjadi dewasa nantinya. Jadi sangat penting diperhatikan disini bahwa orang tua harusnya dalam memberikan nama memperhatikan maknanya.

  • Aqiqah

Hal lain yang perlu dilakukan sebagai suatu ungkapan syukur yaitu melakukan aqiqah bisa dengan menggunakan jasa aqiqah Cilegon ataupun lainnya dan juga mencukur rambut sang bayi. Dimana penyembelihan hewan dalam aqiqah ini disyariatkan merupakan suatu bentuk rasa syukur atas suatu nikmat yang diberikan Allah SWT. Dimana sang anak yang baru lahir tadi akan dapat tergadai dengan aqiqahnya sampai nantinya disembelihkan hewan untuk anak tersebut  pada hari ke 7, kemudian dicukur rambutnya dan juga diberikan nama. Waktu utama dari pelaksanaan ini yaitu hari ke 7, 14 dan juga 21 dari hari lahirnya. Kalaupun lebih dari itu maka tidak akan termasuk ke dalam sisi keutamaan akan tetapi tidak masalah.

  • Pencukuran Rambut

Untuk proses pencukuran rambut ini memang disunahkan untuk tidak mencukur hanya sebagian rambut saja melainkan seluruh rambut yang ada di kepala sang anak. Kemudian setelah proses tersebut maka akan diberikan wewangian yang nantinya akan diusapkan kepada kepala bayi. Setelah itu rambut yang telah dicukur tadi akan ditimbang dan nanti hasil dari timbangan tersebut akan disetarakan perak dan nantinya akan disedekahkan untuk fakir miskin.

Jangan Asal Melakukan Aqiqah

Jadi itulah beberapa hal yang perlu kalian lakukan untuk menyambut kelahiran sang bayi menurut Islam dan tentunya ada hadis dari cara yang sudah disebutkan diatas. Untuk masalah aqiqah sebaiknya kalian perhatikan betul mengenai aturannya dan jangan dilakukan secara sembarangan. Jika kalian tidak paham bisa bertanya kepada orang yang lebih ahli dalam masalah ini agar tidak terjadi kesalahan nantinya.

Walaupun identik dengan penyembelihan hewan namun untuk kalian yang ingin lebih praktis bisa memanfaatkan layanan aqiqah Cilegon. Dimana kalian tidak perlu repot-repot mengolahnya dan daging bisa kalian bagikan dalam bentuk daging olahan yang lebih praktis tentunya dan kalian bisa mencarinya jauh-jauh hari.